Susyi

Pagi tadi, aku iseng menggunakan salah satu fitur Poll (Polling) yang ada di cerita Instagram (Instagram story). Poll (polling) juga memiliki padanan kata dalam bahasa Indonesia, lo.

Polling = Jajak pendapat.

Oke, kembali ke topik.

Awalnya, aku kepikiran untuk bahas seputar konten kebahasaan setelah menggulir foto-foto lama yang ada di galeri ponselku. Ya, betul. Aku tertarik untuk membahas seputar penulisan kata yang benar sesuai kaidah bahasa Indonesia pada nama makanan di bawah ini.

O, ya. Nostalgia sedikit. Makanan ini pemberian dari Dosen Pendamping Tim PKM-RSH Giat Bergerak, Ibu Rr. Deni Widjayatri, M.Pd., yang super baik hati. Momen ini terjadi saat aku, Teh Azka, Teh Firda, Teh Ismi, dan Ilda masih dalam rangkaian kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2021. Kami hanya makan berempat di kos-kosan (kebetulan Ilda saat itu sedang pulang ke rumah).


Oke, lanjut lagi ke topik.

Kira-kira, manakah penulisan kata yang benar? Sushi, Susyi, Susi, Susii, atau Sirli? Hahahaha. Atau mungkin kalian punya opsi lain?


Yuk, kita bahas!

Berikut ini adalah hasil akumulasi jajak pendapat yang diperoleh dari teman-temanku di Instagram.


Hasil akumulasi jajak pendapat di cerita Instagram Sirli สš ษž : https://instagram.com/sirlifitriani

Berdasarkan gambar di atas, teman-teman yang memilih jawaban "Sushi" ada sebanyak 79%. "Susyi" 9%, "Susi" 9%, dan "Susii" 3%. Tidak ada yang memilih Sirli karena aku bukan pilihan, ya, Teman-Teman. AHAHAHA.๐Ÿ˜†

Sebelum aku sampaikan jawabannya, coba kita perhatikan penjelasan berikut ini, ya.

Pelafalan ุด (syin) bahasa Arab dan ใ— (shi) hiragana atau ใ‚ท (shi) katakana di bahasa Jepang itu hampir sama.

Dalam bahasa Inggris, keduanya ditransliterasi menjadi "sh", contohnya "sushi" ใ™ใ— (dalam hiragana), ใ‚นใ‚ท (dalam katakana), dan ๅฏฟๅธ (dalam kanji).

Dalam bahasa Indonesia, ุด dan ใ— dilambangkan dengan "sy", contohnya pada kata "susyi".

Mengapa hal itu terjadi?

Alasannya karena kita (Bahasa Indonesia) punya gabungan konsonan /kh/, /ng/, /ny/, dan /sy/. Tidak ada gabungan konsonan /sh/. Contoh lain misalnya pada kata “Insyaallah”, bukan “In sha Allah”.


๐Ÿ“Œ Konteksnya, ini penulisan sesuai kaidah bahasa Indonesia, ya.

Nah, sampai di sini. Sudah terjawab, ya. Jadi, penulisan kata yang benar dalam bahasa Indonesia pada makanan tersebut adalah Susyi.

Susyi (n) didefinisikan sebagai makanan khas Jepang dengan dua bahan utama, yaitu nasi yang dicampur cuka dan makanan laut seperti udang, kepiting, dan ikan. — KBBI Daring dan KBBI Edisi V

Omong-omong, kapan kalian terakhir makan Susyi? Selanjutnya, kita bahas apa lagi, ya? Ada saran?๐Ÿค”


Referensi:

  1. Ivan Lanin. (2021, 14 Mei). #KBBIApril2021. Diakses pada 26 Agustus 2023 dari Twitter: https://twitter.com/ivanlanin/status/1393079937809076226?t=iQRt8cqZwlgeBtaMK9ZBJA&s=19.
  2. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2023). Susyi. KBBI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Susyi.
  3. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Susyi. KBBI Edisi V.

Comments

Popular Posts